Sabtu, 11 April 2015

Tips Dan Cara Mengatasi Gatal-Gatal Kulit Membandel

Cara Mengatasi Gatal-Gatal Kulit Membandel
Cara Alami Mengatasi Mengobati Kulit Gatal Kulit yang gatal tentunya cukup mengganggu, apalagi jika gatal yang dirasakan timbul terus menerus. Kulit gatal bisa diredakan dengan digaruk, tetapi apabila digaruk terus menerus dan dengan keras, justru akan menyebabkan kulit menjadi luka, sehingga ini harus cepat diobati atau diatasi.

Bagi orang yang terkena gatal, mereka sering tidak sadar menggaruk kulit yang gatal ketika tidur. Sehingga secara otomatis kemungkinan kulit menjadi luka semakin besar. Biasanya ini disadari ketika bangun tidur.

Kulit yang gatal juga bisa mengganggu ketika tidur, tidur menjadi tidak nyenyak dan sering bangun karena merasa gatal. Kulit gatal dapat diatasi dengan menggunakan cara alami, dan tentunya cara alami tidak berbahaya.

Cara Alami Mengatasi Mengobati Kulit Gatal

Kulit gatal bisa disebabkan oleh beberapa faktor, berikut penyebab kulit gatal:

1. Kebersihan Tubuh


Tubuh yang kurang dijaga kebersihannya memiliki kemungkinan lebih untuk memicu timbulnya penyakit kulit karena jamur. Seperti panu, kurap, kudis, dan lainnya. Selain jamur, keringat juga menjadi penyebab lain kulit menjadi gatal. Jadi jagalah kebersihan tubuh dengan baik, dengan mandi minimal 3 kali sehari.

2. Alergi


Alergi juga dapat menyebabkan orang merasa gatal dikulit. Misalnya orang yang alergi udang, dan jika orang tersebut mengkonsumsi udang, maka kulit akan terasa gatal. Kesimpulannya, kenali alergi Anda dan hindari alergi tersebut sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi gatal.

3. Penyakit


Beda lagi dengan yang diatas, penyakit tertentu mampu membuat kulit menjadi gatal. Misalnya penyakit cacar air. Penyakit cacar air biasanya mempunyai ciri-ciri benjolan-benjolan di tubuh yang berisi cairan. Ketika benjolan tersebut mulai mengering, maka akan menimbulkan rasa gatal. Ada cara untuk menangani hal ini, yaitu dengan mengoles atau menaburkan bedak ke area yang gatal. (Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Panu Dengan Cepat)

4. Serangga


Ini salah satu faktor yang paling sering memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit, yaitu gigitan serangga. Gigitan serangga tertentu dapat menimbulkan kulit gatal, seperti semut, nyamuk, dan lainnya.

5. Cuaca


Cuaca juga dapat menimbulkan kulit menjadi gatal, orang yang mempunyai tingkat sensitif tinggi terhadap perubahan cuaca dapat menimbulkan alergi yang biasanya dikenal dengan nama biduran.

Cara Alami Mengatasi Mengobati Kulit Gatal:


1. Daun Salam


Daun salam sudah terkenal cukup ampuh untuk menghilangkan gatal-gatal di kulit. Caranya dengan membersihkan beberapa lembar daun salam yang segar, kemudian tumbuk kasar dan langsung letakkan ke bagian kulit yang terasa gatal.

2. Ranti atau Leunca


Ranti atau leunca yang biasanya dikenal sebagai sayuran ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi mengobati kulit gatal, caranya dengan menumbuk halus ranti atau leunca kemudian oleskan ke kulit yang gatal.

3. Jahe


Siapa yang tidak kenal rempah-rempah satu ini? Jahe sudah terkenal dengan segudang manfaatnya untuk tubuh. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengobati kulit gatal. Caranya dengan merebus 15 gram jahe, 30cc cuka beras putih dan tambahan gula merah secukupnya. Kemudian rebus dengan 400cc air, rebus sampai air tinggal setengah. Kemudian saring air rebusan dan minumlah.

4. Temu hitam


Selanjutnya kita juga dapat memanfaatkan temu hitam untuk mengatasi kulit gatal, dengan cara menumbuk temu hitam, temu kunci dan kunyit sampai halus. Kemudian hasil tumbukan yang halus dioleskan ke kulit yang gatal 3 kali sehari.

5. Garam dan Minyak Goreng


Kedua bahan ini sering dipakai untuk memasak dan campuran memasak. Ternyata kita juga dapat memanfaatkannya untuk mengobati kulit gatal. Caranya dengan mencampurkan minyak goreng dan sedikit garam, lalu oles pada kulit gatal.

Pilih cara alami yang menurut Anda paling pas untuk mengatasi mengobati kulit gatal. Semoga Anda senang berada di blog pusat cara, dan semoga informasi yang saya sajikan disini bisa bermanfaat.

Suka Dengan Artikel Ini ?

2 komentar: