Sabtu, 11 April 2015

Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Cara Mengatasi Merawat Kulit Wajah Berminyak Wajah tentunya menjadi bagian yang vital bagi manusia, karena wajah biasanya yang pertama kali dilihat ketika bertemu dengan orang. Jika kulit wajah berminyak, tentunya kita akan terasa kurang percaya diri ketika bertemu dengan orang, dan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi merawat kulit wajah berminyak.

Kulit sebenarnya memproduksi minyak yang berguna melindungi kulit dari bahaya, seperti debu dan polusi dan mencegahnya masuk ke dalam pori-pori kulit.  Selain itu, minyak di dalam kulit juga berguna menjaga ke-remajaan kulit, kulit menjadi kenyal, tetapi beda lagi apabila kulit kelebihan minyak.

Minyak berlebih dalam wajah menyebabkan wajah terlihat mengkilap dan kusam. Minyak di wajah akan menangkap udara disekitar, kemudian debu yang ditangkap akan mengendap. Ini yang menyebabkan jerawat dan komedo timbul karena pori-pori tertutup. Lalu apa saja penyebab timbulnya wajah berminyak?

Penyebab Kulit Wajah Berminyak


1. Keadaan Genetika

Keadaan genetika (keturunan) orang tua sangat berpengaruh terhadap fisik serta sifat anaknya, jadi jika kulit orang tua Anda memproduksi minyak berlebih, berarti tidak menutup kemungkinan anak akan cenderung mengalami hal yang sama. Hal ini tidak dapat dicegah, namun dapat diatasi.

2. Hormon

Masa purbertas menjadi masa yang penting dalam proses kedewasaan, minyak berlebih juga menjadi tanda anak mulai atau sedang mengalami masa pubertas. Hormon yang tidak seimbang menyebabkan wajah menjadi berminyak, selain masa pubertas ini juga bisa terjadi pada wanita dalam masa kehamilannya.

3. Faktor Makanan

Makanan juga berpengaruh terhadap produksi minyak di wajah, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh atau bersantan mampu meningkatkan kadar minyak di dalam tubuh, sehingga kulit akan lebih mudah kelebihan minyak.

4. Kosmetik

Untuk menjaga penampilan kebanyakan wanita memakai kosmetik, walaupun sebenarnya kosmetik mampu membuat kulit wajah rusak jika salah memilih kosmetik. Berbahaya apabila menggunakan kosmetik yang di dalamnya terdapat zat kimia berbahaya, ini akan menyebabkan iritasi, minyak berlebih, dan tingkat sensitive kulit meningkat. Jadi pilihlah kosmetik yang sesuai dengan kulit dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan lebih baik konsultasi dengan dokter.

Cara Mengatasi Merawat Kulit Wajah Berminyak


1. Minum Air Putih

Tentunya sudah kita ketahui manfaat air putih bagi tubuh, seperti menjadi awet muda, meremajakan otot dan sel darah, menyeimbangkan sistem getah bening, mengontrol berat badan, usus yang sehat, ginjal yang sehat, BAB menjadi lancar. Dengan meminum air putih minimal 2 liter perhari akan membuat metabolisme tubuh terjaga, ketika Anda melakukan kegiatan extra, tubuh yang mengandung banyak air akan mengeluarkan keringat yang sedikit terdapat minyak. (Baca juga: Cara Mengatasi Merawat Rambut Kering)

2. Sering Mencuci Muka

Jika kita menginginkan wajah yang sehat dan tentunya bebas dari minyak, kebersihan muka sangat penting dijaga. Mencuci muka dapat membuat kulit wajah bersih sehingga tidak terdapat minyak berlebih. Cukup mencuci muka 2 kali sehari menggunakan sabun. Karena mencuci muka berlebihan menggunakan sabun akan menyebabkan kulit terkikis dan berbahaya jika terkena sinar matahari.

3. Air Hangat


Air hangat juga mampu dimanfaatkan untuk mengatasi merawat kulit wajah berminyak, karena akan membuka pori-pori wajah. Caranya dengan menggunakan handuk kecil dan celupkan ke air hangat yang dicampur garam, kemudian usap merata ke wajah.

4. Putih Telur

Selain kandungannya yang baik untuk dikonsumsi, putih telur juga bisa kita manfaatkan sebagai master untuk mengatasi merawat kulit wajah berminyak. Dengan memecahkan telur dan pisahkan kuning dan putihnya, lalu kocok putih telur sehingga berbusa dan usap merata ke bagian wajah, kemudian tunggu sampai mengering, dan terakhir bersihkan dengan air hangat.

5. Daun Seledri

Biasanya daun seledri digunakan sebagai penyedap makanan, tetapi kita juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi merawat kulit wajah. Caranya dengan menyimapkan air di panci kecil (2 gelas air), lalu potong kecil-kecil daun seledri. Kemudian rebus selama 15-20 menit, angkat dan dinginkan. Lalu usap merawat ke bagian wajah, dan tunggu sampai meresap. Kemudian Anda dapat bilas menggunakan pembersih muka.

6. Kentang, Tomat, dan Timun

Selain untuk dikonsumsi, ketiga buah ini juga dapat kita manfaatkan untuk mengurangi kulit wajah berminyak. Caranya dengan mencuci muka, kemudian iris salah satu buah tersebut dan oles/usap ke wajah secara merata dan tunggu sampai kering. Kemudian besoknya bersihkan muka dengan air hangat dan handuk. Lalu tutup kembali pori-pori wajah menggunakan air dingin.

Demikian tentang Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Semoga artikel kali ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "Tips Dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar